Kamis, 18 Oktober 2012

Sebelumnya, komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk pekerjaan yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Nah kali ini SEVALIANT akan bercerita tentang komputer generasi pertama, hasil presentasi saya dan tambahan sedikit, disimak ya hehe...

KOMPUTER GENERASI PERTAMA
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun komputer Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Di pihak lain ada Pihak Sekutu yang juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan komputer. Pada tahun 1943, pihak Inggris berhasil menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang diberi nama Colossus yang berfungsi untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan negara Jerman. Efek pembuatan Colossus sebenarnya tidak banyak mempengaruhi perkembangan komputer, hal itu karena ada dua alasan yaitu:
  1. Colossus adalah bukan komputer serbaguna dalam bahasa inggris "general purpose computer", ia dibuat hanya bisa memecahkan kode rahasia.
  2. Keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga 10 tahun setelah perang selesai.
Komputer Generasi Pertama dapat dikarakteristikkan dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat spesifik untuk tugas tertentu. Setiap komputer memiliki kode-biner berbeda yang disebut "bahasa mesin" dalam bahasa inggris "machine language". Hal ini menjadikan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah pemakaian vacum tube menjadikan komputer pada masa itu berukuran sangat besar dan silinder magnetik berfungsi sebagai penyimpan data.
Dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri komputer generasi pertama adalah:
  • Komponen yang dipergunakan adalah vacum tube untuk sirkuitnya.
  • Program dapat dibuat dengan bahasa mesin: Assembler.
  • Ukuran komputer besar, memerlukan ruangan luas.
  • Cepat panas.
  • Kapasitas penyimpanan kecil.
  • Memerlukan daya listrik besar.
  • Orientasi pada aplikasi bisnis.
Nah itu tadi tentang pengertian dan ciri-ciri komputer generasi pertama, terimakasih telah menyimak.

0 komentar :

Posting Komentar

Berkomentarlah yang sesuai dengan hakekat kebebasan menyampaikan pendapat :D