Kamis, 18 Oktober 2012

Dalam kesempatan di artikel ini, ZOZOCO akan bercerita cara merawat kendaraan anda agar nyaman saat perjalanan. Langsung saja, cekidot!

Agar kita dapat menggunakan kendaraan operasional dengan aman dan nyaman ada beberapa hal perawatan dasar yang harus kita lakukan dan perhatikan sebelum kita menggunakan kendaraan operasional tersebut antara lain :

Mesin

  1. Pastikan semua oli/minyak/air diperiksa seperti :minyak rem, oli power steering, oli mesin dan transmisi serta air radiator dan air wiper.
  2. Oli dan filter harus diganti sesuai dengan yang tercaantum dalam manual kendaraan (sesuai aturan).
  3. Cek tekanan ban. Ban yang kurang tekanan dapat mengurangi efisiensi bahan bakar serta dapat memperpendek usia ban
  4. Secara berkala bersihkan bagian busi, karena bila bagian ini kotor atau rusak, dapat mengurangi efisiensi bahan bakar hingga 30% (kendaraan dengan bahan bakar bensin).
  5. Periksa accu agar selalu bersih untuk mencegah korosi (pengkroposan pada body), dan tambahkan air accu bila berkurang sampai batas sesuai aturan. Accu yang dirawat dengan baik dapat memperpanjang usia accu.
  6. Pastikan kabel dan komponen listrik lain bebas dari kotoran dan karat.
  7. Secara berkala periksa sabuk mesin/timming belt (lakukan penggantian setelah pemakaian sejauh 75.000 km) dan selang-selang mesin. Jika ada kerusaka atau bagian yang hilang atau aus sebelum masa pakai habis harus segera diganti
  8. Pastikan semua pencahayaan berfungsi dengan baik  seperti lampu depan, lampu sein, lampu rem, dan lampu belakang.
  9. Periksa bilah wiper jika ada retakan atau kerusakan lain. Ganti wiper setidaknya setahun sekali atau lebih cepat jika mulai menggores kaca depan. Disarankan pada saat parkir cukup lama tangkai wiper diangkat hal ini agak menolong agar karet wiper tidak cepat keras.
  10. Periksa sistem penyaringan udara. Saringan udara harus diperiksa kira-kira setiap dua kali ganti oli untuk membersihkn kotoran dan sumbatan dengan cara meniup pakai angin dari kompresor.

Selebihnya untuk pelaksanaan servis-servis rutin sesuai PSPBKB (Pedoman Standar Perawatan Berkala Kendaraan Bermotor) yang berlaku seperti penggantian oli mesin, oli transmisi, oli gardan, timing belt, kampas rem serta pemeriksaan mesin agar dilaksanakan tertib dan konsisten termasuk untuk penggantian ban baru.
AC Mobil
Jagalah selalu kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Terutama karpet 2 lembar yang didepan karena jika lembab dan berdebu akan tersedot kedalam Evaporator sehingga terjadi jamur dan spora sangat tidak baik buat kesehatan, dan meenimbulkan bau yang tidak enak bila pertama kali AC dihidupkan.
Baiklah itu tadi yang ZOZOCO ceritakan tentang Cara Merawat Kendaraan Anda Agar Nyaman Saat Perjalanan ... Salam Maksimal -__-

0 komentar :

Posting Komentar

Berkomentarlah yang sesuai dengan hakekat kebebasan menyampaikan pendapat :D