Minggu, 11 November 2012


Pahlawan Indonesia... ya itulah yang sedang kita kenang pada 10 November ini. Eeiiitcc... tunggu dulu. Pahlawan Indonesia bukan hanya pahlawan pejuang kemerdekaan saja, tapi juga pahlawan melawan korupsi, kemiskinan, pendidikan, peduli lingkungan dan masih banyak lagi yang dibutuhkan bangsa kita saat ini.

Para Pahlawan Indonesia mendapat sebuah gelar, yaitu Pahlawan Nasional. Pahlawan Nasional adalah gelar yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia kepada seorang WNI (Warga Negara Indonesia) yang semasa hidupnya melakukan tindak kepahlawanan dan berjasa sangat luar biasa bagi kepentingan bangsa dan negara. Tindak kepahlawanan adalah perbuatan nyata yang dapat dikenang dan diteladani sepanjang masa bagi warga masyarakat lainnya. Nilai kepahlawanan adalah suatu sikap dan perilaku perjuangan yang mempunyai mutu dan jasa pengabdian serta pengorbanan terhadap bangsa dan negara.

Pahlawan di masa sebelum kemerdekaan diartikan sebagai seseorang yang membela tanah air sepenuh jiwa dan raga serta mengorbankan harta dan nyawanya demi kemerdekaan negara Indonesia tercinta. Tetapi, setelah masa kemerdekaan seperti ini, dimana masa peperangan sudah berakhir, seperti apakah yang layak dikatakan sebagai seorang pahlawan?

Menjadi seorang pahlawan untuk masa sekarang ini, bukanlah mencari gelar untuk dikatakan pahlawan, tetapi bagaimana kita dapat sebesar mungkin memberikan kontribusi bagi Indonesia tanpa mengharap pamrih karena sebenarnya gelar pahlawan itu akan diberikan oleh Allah Yang Maha Kuasa dan dari-Nya pula kita akan mendapat balasannya.

Nah, itu tadi artikel ZOZOCO tentang Pahlawan Indonesia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita di Hari Pahlawan ini dan semoga kita bisa menjadi Pahlawan Indonesia di masa sekarang ini amin dan terima kasih telah menyimak. 



4 komentar :

Berkomentarlah yang sesuai dengan hakekat kebebasan menyampaikan pendapat :D